SOSIALISASI DAN PELATIHAN APLIKASI E-COURT DAN E-LITIGASI

Bagian Hukum Setdakab Way Kanan bersama Pengadilan Negeri Blambangan Umpu melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi E-Court dan E-Litigasi dengan tema “Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan Dalam Berperkara Melalui E-Court dan E-Litigasi” di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten Way Kanan, Rabu 10 Agustus 2022.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Saipul, S.Sos. M.I.P. tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Muhammad Ismail Hamid, S.H., M.H., dan kepala Bagian Hukum Setdakab. Way Kanan. Adapun yang menjadi peserta kegiatan adalah para advokat dan para legal perusahaan yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos., MIP menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan sangat mendukung adanya sosialsai dan pelatihan Aplikasi E-Court dan E-Litigasi ini. “Saya berterima kasih kepada Ketua Pengadilan Blambangan Umpu beserta Tim yang sudah bersedia melaksanakan sosialisasi, pada kegiatan ini kepada seluruh peserta agar diikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya sehingga dapat bermanfaat bagi saudara dan masyarakat. Mudah – mudahan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini dapat mempermudah dalam menghadirkan keadilan dan kepastian hukum kepada masyarakat dengan tetap mengedepankan asas Equality Before The Law (persamaan dihadapan hukum)”.

Adapun pemateri kegiatan sosialisasi dan pelatihan  adalah 1. Arista Budi Cahyawan, S.H., M.H dengan judul materi Modernisasi Badan Peradilan, 2. M. Noor Yustisiananda, S.H., M.H judul materi Indonesia : Electronics Justice System By E-Court, 3. Echo Wardoyo, S.H., M.H Judul Materi Pembaharuan Persidangan Melalui E-Litigasi.

Dengan terlaksananya Kegiatan ini diharapkan dapat Meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat, mengurangi waktu penanganan perkara, Mengurangi intensitas para pihak datang ke pengadilan serta menghindari masyarakat dari kekurangan informasi dan pengetahuan tentang hukum.